PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU
Dalam
konteks reformasi pendidikan, guru adl unsur utama dlm proses pendidikan karena
tugas guru sangat kompleks, selain mentransfer ilmu juga mendidik, membantu
perkembangan semua potensi pesdik agar menjadi matang, dewasa dan mampu
berkiprah dimasa mendatang.
guru
à pendidikan
àCita-cita
bangsa. Oki wajar jika pemerintah serius terhadap aspek kehidupan guru àkebijakan pengembangan guru à kemampuan profesi guru agar semua
tindakan guru baik di /luar kelas slalu berorientasi utk perkembangan pesdik yg
optimal kearah kematangan dan kedewasaan.
1.
Pengertian profesionalitas guru (Penguasaan
materi keilmuan)
Profesi artinya
mengakui-pengakuan-menyatakan mampu-ahli dalam melaksanakan pekerjaan tertentu
Pekerjaan yg memerlukan keahlian yg
diperoleh melalaui diklat.
Pasal 1 ayat 4 UU No 14/2005 ttg
guru dan dosen, professional adalah pekerjaan atau kekuatan yg dilakukan oleh
seseorg dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yg memrlukan keahlian,
kemahiran, kecakapan yg memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta
memerlukan pendidikan profesi.
Guru professional adl org yg
terdidik dan terlatih dg baik serta memiliki pengalaman yg kaya di bidangnya.
2.
Cirri-ciri guru professional
a.
Memiliki keahlian khusus
b.
Suatu panggilan hidup
c.
Memiliki teori yg baku secara universal
d.
Mengabdi utk masyarakat
e.
Kecakapan diagnostic dan kompetensi yg
aplikatif
f.
Memiliki otonomi dlm pekerjaannya
g.
Mempunyai kode etik
h.
Mempunyai klien yg jelas
i.
Mempunyai organisasi professional yg kuat
j.
Mempunyai hubungan dg profesi pd bdg yg lain
Pasal 7 UU No. 14/2005, tugas guru
berdasarkan prinsipnya sbb :
a.
Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan
idealism
b.
Memiliki komitmen utk meningkatkan mutu pddkn,
keimtaqan, dan akhlak mulia
c.
Memiliki kualifikasi akademik dan LB penddkn
sesuai tugas
d.
Memiliki kompetensi yg diperlukan sesuai dg bdg
tugas
e.
Memiliki tangungjawab atas pelaksanaan tgs
keprofesionalan
f.
Memperoleh penghasilan yg ditentukan sesuai dg
prestassi krj
g.
Memilki kesempatan utk mengembangkan
keprofesiol secara berkelanjutan dg bljr sepanjang hayat
h.
Memiliki jaminan perlindungan hokum dlm
melaksanakan tugas
i.
Memiliki organisasi profesi yg mempunyai
kewenangan mengatur yg berkaitan tugas keprofesinaln guru.
Umum dan khusus àTujuan IntuksionalàTujuan Kurikuler à Tujuan Institusional à Tujuan Penddkn Nasional à Tujuan Nasional.
3.
Tugas Profesionalitas Guru
Upaya penddkn adl usaha yg dilakukan
oleh seseorg penddk utk membantu mengembangkan semua potensi yg dimiliki oleh
pesdik. Mengapa potensi siswa perlu dikembangkn ? karena utk menjamin masa
depan anak. Apa masa depan anak itu ? adl kondisi yg akan dating yg sllu
mengalami perubahan . artinya memberikan kemampuaqn agar pesdik mampu
mengantisipasi dan merespon perubahan yg terjadi pd masa yg akan dating. Jd
penddkn berorientasi pada masa depan.
UU No 14/2005 Tugas guru adalah :
a.
Mendidik adl membantu pengembangan potensi yg
dimilki oleh pesdik
b.
Mengajar adl mentransfer pengetahuan dan
keterampilan kpd pesdik
c.
Membimbing adl upaya memberikan perhatian
secara khusus kpd siswa agar siswa menemukan cara atau jalan yg mudah dlm
memahami atau mengerjakan sesuatu
d.
Mengarahkan adl kegiatan yg dilakukan oleh guru
agar pesdik benar-benar memahami dan menyadari apa yg harus dilakukan dlm
proses pembelajaran baik didlm/luar kelas
e.
Melatih adl usaha yg dilakukan oleh guru yg
tujujukan agar pesdik dpt menguasai pengetahuan dan keterampilan secara baik
dan tahan lama.
f.
menilai adl upaya yg dilakukan guru utk
mengetahu keberhasilan, kekurangan dan hambatan yg dialami dlm proses
pembelajrn yg kemudian dijadikan dasar untuk melakukan perbaikan pembelajaran
selanjjutnya.
g.
mengevaluasi pesdik adl mengetahui keberhasilan
dan kegagalan pesdik dlm mengikuti proses pembelajaran sehingga guru dpt memposisikan
pesdik did lm kelompok belajar.
4.
Kompetensi guru (KG)
KG meliputi :
a.
Pedagogik
1)
Pemhmn terhdp pesdik dg indicator esensial :
memahami peserta didik dg memanfaatkan prinsip2 perkembangan kognitif dan
kepribadian dan mengidentifikasi bekal ajar wala pesdik.
2)
Perancangan pembelajaran dg indicator esensial
: memahami landasan kependidikan, menerapkan teori belajar dan pembelajaran,
menetukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik,
kompetensi yg ingin dicapai, materi ajar serta menyusun rancangan pembelajaran
berdsrkan strategi yg dipilih.
3)
Pelaksanaan pembelajaran dg indicator esensial
: menata latar pembelajaran, dan melaksanakan pembelajaran yg komdusif
4)
Perancangan dan pelaksanaan evaluasi belajar dg
indicator esensial : merncang dan melaksanakaneavaluasi proses dan hsl belajar
secara berkesinambungan dg berbagai metode, menganalisis hasil evaluasi proses
dan hasil belajar utk menetukan tingkat ketuntasan belajar dan memanfaatkan
hasil penilaian pembeljrn secara umum pengembangan peserta didik utk
mengaktualisasikan berbagai potensi yg dimilikinya dg indicator esensial :
memfasilitasi peserta didik utk pengembangan berbagai potensi akademik.
Memfasilitasi pesdik utk mengembangkan
berbagai potensi non akademik.
b.
kepribadian, merupakan kemampuan personal yg
mencerminkan kepribadian yg :
a)
mantap dan stabil adl bertindak sesuai dg norma
hokum, social, bangga sbg guru dan memiliki konsistensi dlm bertindak sesuai
dg norma.
b)
Epribadian yg dewasa adl menampilakn
kemandirian dlm bertindak sbg pendidk dan memiliki etos kerja sbg guru
c)
Arif adl menampilkan tindkn yg didsarkan pd
kemanfaatan pesdik, sekolaj, dan masyarakat serta menunjukkan ketebukaan dlm
berfikir dan bertindak.
d)
Yg berwibawa adl memiliki perilaku yg
berpengaruh positif terhadap peserta didik dan memiliki perilaku yg disegani.
e)
Akhlak mulia dan dapat menjadi teladan adl
bertindak sesuai dg norma religious (imtaq, jujur, ikhlas, suka menolong) dan
memiliki perilaku yg diteladani pesdik.s
c.
social adl kemampuan guru utk berkomunikasi dan
bergaul secara efektif dg pesdik, sesame pendidik, tenaga kepemndidikan,
ortu/wali murid dan masyrkt sekitar.
Indicatornya :
1.
mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif
dg pesdik àberkomunikasi
secara efektif dg pesdik
2.
mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif
dg sesame enddk dan tenaga kependdkn
3.
mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif
dg org tua wali dan masyarakat
d.
professional adl penguasaaan materi
pembelajaran secara luas dan mendalam mencakup penguasaan materi kurikulm mata
pelajaran di sklh dan substansi keilmuan
yg menaungi materinya serta penguasaan terhdp struktur dan metodologi
keilmuannya.
Indiktornya :
1.
menguasai substansi keilmuan yg terkait dg
bidang sturdy-à
memahami materi yg ada di kurklm, memhm struktur, konsep dan metode keilmuan yg
menaungi atau berhubungan dg materi ajar, memahami hubungan konsep antarmata
pelajaran terkait dan menerapkan konsep keilmuan dan kehidupan sehari-hari
2.
mengausai struktur dan metode keilmuan à menguasai langkah2 penelitian dan
kajian kritis utk memperdalam pengetahuan
·
kegiatan pembljran adlh proses interaksi antara
guru-siswa sbg pesdik, secara fisik / emosional yg bertujuan bagiaman guru
memperlakukan siswa agar terjadi kegiatan belajar secara efektif pd diri siswa
/ KB adl upaya gur utk menciptkan terjadinya peristiwa belajar pada diri siswa.
5.
Hakikat pesdik sebagai manusia yaitu : 1.
Pandnagn psikoanilitik yg beranggapan bahwa manusia pd hakikatnya digerakkan
oleh dorongan2 dari dalam dirinya yg bersifat insting 2. Pandangan humanistic
yg berpendpt bahwa manusia memiliki dorongan utk mengarahkan dirinya ketujuan
positif OKI diktkn manusia selalu berkembng dan berubah utk menjd pribadi yg
lebih maju dan semprna 3. Pandnagan martin buber yg berpendapat bahw hakikat
manusia tdk dpt dktkn ini atau itu. Manusia merupakan suatu keberadaan yg
berpotensi nmn dihadapkan pd kesemestaan alam sehinga terbts. 4. Pandangan
behavioristik yg menagnggap bahwa mansuia spepnuhnya adl makluk reaktif yg
prilakunya dikontrol oleh factor yg dating dari luar.
6.
Aspek perkembangan pesdik : 1. Perkembangan
fisik 2. Perkembangan sosio emosional (fase egosentris/berpusat pd diri
sendiri) fase mebanding usia 18-22 thn, 5-6 sd fase ingin dianggap dewasa.
7.
Pmbelajaran adl proses interaksi pesdik dg
pendidik dan sumber belajar pd suatu lingkungan atau proses utk membantu pesdik
agar dpt belajr dg baik.
8.
Pembelajaran menurut gagne dan briggs adl usaha
sdr dari gur agar erjadi KB oleh siswa, shngga terjadi perubahan prilaku pd
siswa berupa kemampua baru yg berlaku dlm waktu yg relative lama sbg dampak
dari keg belajar itu sendiri.
9.
Karakterstik pembelajaran yg mendidik : 1.
Mengembgkna rasa keingin tahuan anak, 2. Memberika anak untk bereksplorasi
terhdp lingkungan dan objek belajarnya scr langsng 3. Membntk konsep diri rasa
PD, disiplin, mandiri dan kemampuan mengendalikan diri berdasrkan nilai
keagamaan, norma social, serta kreatif dlm memachkn masalah 4. Berinteraksi dan
bekerjasama dg org lain shingga perkembngn moral dan social ank berkmbng. 5.
Pembljrn bermuara kepada outcome berupa terbentuknya kecakapan pribadi, social,
akademik dan vokasional pd anak usia dini.
10.
Contextual teaching and learning (CTL) ber7an
membntu siswa utk memahami makna materi ajar dg mengaitkannya pada konteks
kehidupan sehari-hari (pribadi-sosal-kultur)
11. Prinsip
pembelajaran CTL : 1.konstruktivisme : siswa dituntut utk menyusun dan
membangun makna atas pengalaman baru yg didasarkan pd pengthuan tertentu. 2.
Tanyajawab : ss,sg,gs,s orang lain utk mmbrkn kesmptn kpd sisw berpkr secara
kitis dan mengevaluasi cara
berfikir dan rasa inginn tahu sisea. 3.
Inkuiri : siklus proses dlm membangun pengetahuan konsep diwali dari
observasi-bertanya-invetigasi-analisis-kemudian membangun teori atau konsep.
Silus inkuiri Meliputi : observasi, tanyajawab, hipotesis, pengumpulan data,
analisis data, kesimpulan. 4. Komunitas belajar
5. Pemodelan : kegiatan mendemontrasikan suatu kinerja agar siswa dpt
mencontoh, beljar atau melakukan sesuatu seuai dg model yg diberikan. 6.
Refleksi : melihat kembali suatu kejadian kegiatan dan pengalaman yg ber7an utk
mengidentifikasi hal yg sdh / blm diketahui agr dpt dilakukan tndkn
penyempurnaan. Realisaniya – peranyaan langsung apa yg diperoleh hari itu. 7.
Penilaian otentik : prosedur penilaian yg menunjukkan kemampuan siswa secara nyata.
1.
Data adl fakta atau apapun yg dpt digunakan sbg
input dlm menghslkan informs
2.
Komunikasi adl menyebrkan informasi , berita,
pesan, pengetahuan, niali2 dg maksud utk menggugah partisipasi agar hal2 yg
diberikan menjd milikbersama antara penyampaian pesan sbg komunikator dan
penerima sbg komunikasn
3.
Informasi adl 1. hasil dari pengolah data 2.
Memberikan makna 3. Berguana atau bermanfaat
4.
Cirri informasi berkualitas : 1. Akurat (keadaan sebnrnya) 2. Tepat waktu 3. Relevan
(sesuai dg yg dubutuhkan) 4. Lengkap
5.
TI adl serangkaian tahapan penangan informasi
yg meliputi penciptaan informasi, pemeliharaan saluran informasi, seleksi dan
transmisi informasi, penerimaan informasi secara selektif, penyimpanan dan
penelusuran informasi dan penggunaan informasi.
6.
Pengertian Teknologi Kata teknologi berasal dari
bahasa Yunani, technologia, techne yang berarti ‘keahlian’ dan logia
yang berarti ‘pengetahuan’. Dalam pengertian yang sempit, teknologi mengacu
pada objek benda yang dipergunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, seperti
mesin, perkakas, atau perangkat keras. Dalam
pengertian yang lebih luas, teknologi dapat meliputi pengertian sistem,
organisasi, juga teknik. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan dan kemajuan
zaman, pengertian teknologi menjadi semakin meluas, sehingga saat ini teknologi
merupakan sebuah konsep yang berkaitan dengan jenis penggunaan dan pengetahuan tentang
alat dan keahlian, dan bagaimana ia dapat memberi pengaruh pada kemampuan
manusia untuk mengendalikan dan mengubah sesuatu yang ada di sekitarn. Jadi
teknologi adalah semacam perpanjangan tangan manusia untuk dapat memanfaatkan
alam dan sesuatu yang ada di sekelilingnya secara lebih maksimal. Dengan
demikian, secara sederhana teknologi bertujuan untuk mempermudah pemenuhan
kebutuhan manusia, Teknologi atau pertukangan memiliki lebih dari satu
definisi. Salah satunya adalah pengembangan dan aplikasi dari alat,
mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas
manusia, teknologi mulai sebelum sains dan teknik.,Kata teknologi sering menggambarkan
penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang
baru ditemukan. Akan tetapi, penemuan yang sangat lama seperti roda
dapat disebut teknologi. Atau Teknologi berarti mempelajari ilmu yang
baru.
7.
Pengertian Informasi Secara
Etimologi, Informasi berasal dari bahasa Perancis kuno informacion (tahun 1387)
yang diambil dari bahasa Latin informationem yang berarti “garis besar, konsep,
ide”. Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas
dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”. Informasi Juga dapat
diartikan sebagai data yang telah di olah menjadi bentuk yang lebih berguna dan
lebih berarti bagi yang menerimanya. Dijelaskan oleh
George R. Terry, Ph. D. bahwa informasi adalah data yang penting yang
memberikan pengetahuan yang berguna. Menurut
Gordon B. Davis, informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk
yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat
dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang
akan datang. Sedang
Informasi berarti suatu pengetahuan baru yang memiliki arti dan nilai
bagi penerima. Dan Komunikasi berarti hubungan antara dua orang
atau lebih untuk saling bertukar informasi.
8.
PENGERTIAN KOMUNIKASI Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”),secara
etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus,
dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis
ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha
yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna. Dari pengertian
diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Teknologi Informasi dan komunikasi adalah
Ilmu yang mempelajari tentang cara memperoleh Pengetahuan berupa
Informasi melalui komunikasi dengan cara yang lebih mudah menggunakan peralatan
dan media yang baru.
Sehingga dengan adanya Teknologi informasi dan komunikasi manusia
berlomba-lomba membuat berbagai peralatan teknologi yang membuat manusia lebih
mudah dalam kegiatan sehari-hari.
1.
Init pembelajaran
<--Kegiatan pembelajaran : memilih, menetapkan, mengembangkan
metode/strategi
2.
Strategi pembelajaran :
1. Pengorganisasian isi pembelajaran 2. Penyampaian isi pembelajaran 3.
Pengelolaan pembelajaran
3.
Belajara adl proses
membangn makna terhadap informasi dan/atau pengalaman sehingga terjadi
perkembangan pengetahuan sikap dan
keterampilan.
4.
Pengertian PAKEM : Partisipatif : pembelajaran yg melibatkan siswa
dlm kegiatan pembelajaran secara optimal Aktif : pendekatan pembelajaran yg
lebih banyak melibatkan siswa aktiv dlm pembelajaran Kreatif : proses
pembelajarn yg menghrskan guru utk dpt memotivasi siswa slm
pembljrn berlangsung dg menggunakan metode dan strategi yg bervariasi seperti (kerjakelompok, bermain peran,
pemecahan masalah) Efektif : mampu memberikan pengalamn bru kpd
siswa membntk kompetensi siswa serta
mengantarkan mereka ke tujuan yg ingin dicapai secara optimal Menyenagkan
; SUATU PROSES PEMBELAJARAN tanpa ada perasaan terpaksa atau tertekan /
hubungan baik antara guru dan siswa.
5.
Tahapan berfikir
kreatif : 1. Persiapan 2. Inkubasi (retang waktu utk merenungkan hipotesis
informasi tersebut sampai diperoleh keyakinan 3.iluminasi : kondisi nmenemukan
keyakinan 4. Verifikasi : pengjian kembali hipotesis
6.
Aspek dlm PAKEM : 1.
Pengalaman : siswa diajarkan utkbelajar mandiri dan melakukan sendiri 2.
Komunikasi : berpendapat, presentasi laporan, dan memajangkan hasil kerjaan 3.
Interaksi ; sama2 akti 4. Refleksi :
memikirkan kembal apa yg telh diperbuat
7.
UNTUK MENCIPTAKAN
Kondisi belajar mengajar efektif : 1. Melibatkan siswa secara aktif 2. Menarik
minat dan perhatian siswa 3. Mengembakan motivasi siswa 4. Perbedaan
individualistis 5. Peragaan dalam pelajaran
8.
Ada 7 komponen utama
pemeblajaran efektif : 1. Konstruktivisme : pengetahuan dibangun oleh manusia
sedikit demi edikit yg hasilnya diperluas 2. Bertnaya 3. Inkuir (menemukan) 4.
Masyarakat belajar 5. Pemodelan 6. Refleksi 7. Penilaian sebenarnya
9.
Perbedaan CTL dg
Pendekatan Tradional : CTL : 1. Menyandrkan pd pemahaman makna 2. Pemilihan
infor berdsrkan kpd kbthn siswa 3. Siswa terlbt secar aktif dlm pembljrn 4. Pembljrn
dikaitkan dg dunia nyata 5. Mengaitkan infrm dg pengetahuan yg tlh dimiliki
siswa 6. Mengintegrasikn berbagai bdg 7. Menggnkan wkt bljrnya utk menemkn
menggl berdsks dan pemechn mslh melalu kerja kelompok 8. Prilaku dibangun atas
kesadarn diri 9. Ketrampln dikembngkan atas dasar pemahaman 10. Hadiah dari
prilaku baik adl kepuasan diri 11. Siswa tdk melakukan hal yg buruk karena sdr
hal tersebut merugikan 12. Prilaku baik berdsrkan motivasi instrinsik 13. Pembeljrn
terjadi diberbagai t4 konteks dan setting 14. Hsl bljr diukur melalui penerapan
penilaian autetik.TRADISONAL : 1. Hapalan. 2. Inform lebh bnyk dari guru
3. Siswa scr pasif menerima inform 4. Pembljrn sangat abstrak dan teoritis 5. Membrkn
tumpukan inf kpd siswa 6.cenderng terfokus pd satu bidang 7. Wkt belajar siswa
sebagian dipergunakan mengrjkn tugas, dgr ceramah mengisi latihan (kerja
individu) 8. Prilaku dibangun atas kebiasaaan 9. Hadiahnya adl pujian / nilai
raport 10. Tdk melkkn hal yg buruk krna tkt hukuman 12. Prilaku baik berdarkn
motivasi entrinsik 13. Pembeljrn terjd hanya did lm runagan14. Hsl bljr diukur
melalui akademik dlm bentuk tes/ujian/ulanag
10.
Contoh RPP : 1. SK 2.
KD 3. INDIKATOR a, kognitif .produk . proses . b. psikomotor c. afektif 4.
TUJUAN PEMBELAJARAN a, kognitif .produk . proses . b. psikomotor c. afektif 5.
MATERI PEMBELAJARAN 6. ALOKASI WAKTU 7. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN 8.
KEGIATAN PEMEBALJARAN A. Pendahuluan b. Inti C. Penutup
11.
Model pembelajaran menurut
arends ada 4: 1. Sudent teams achievement division (STAD) 2. Group investigasi (GI)
3. Jigsaw 4. Struktural approach -------
5. Cooperative integrated reading and composition (CIRC) 6. Team acceleratead
instruction (TAI)
12.
Ciri model pembelajaran
kooperatif menurut stahl : 1. Belajar bersama
dg teman 2. Slm proses bljr terjadi tatap muka antar teman 3. Sling mendengarkn
pendapat 4. Beljr dari teman dan kelmpok 5. Bljr dlm klmpok
kcl 6. Produktif berbcr dan slg mengemukakan pendapat 7. Kptsn tergantung pd
siswa sendiri 8. Siswa aktif
13.
Ciri model pembelajaran
kooperatif menurut Johnson dan hilke adl : 1. slg ketergntungan yg positif
diantar anggota klmpk 2. Dpt dipertanggngjwbkn scr individu 3. Heterogen 4.
berbagi kepemimpinan 5.berbg tanggjwab 6. Menekankan pd tugs dan kebersamaan 7.
Membntuk ketrempln social 8. Peran guru mengamati proses belajr siswa 9. Efektivitas
bljr tergntung pd kelmpok
14.
Model pembelajaran
koperatif melalui 6 fase : 1. Menyampaiakn tujuan dan motivasi siswa 2. Menyajikan
iformasi 3. Mengelompokkan 4. Membimbing kelompok bekerja dan belajar 5. Evaluasi
6. Member penghargaan
15.
Langkah2 model GI ada 6
: 1. Seleksi topic 2. Merencanakan kerjasama
3. Implementasi 4. Analisis dan sisntesis 5. Penyaian hasil akhir 6. Evaluasi
16.
Contoh kegiatan guru
pada GI : 1. Pendahuluan 2. Menyajikan onform awal 3. Membuat kelompok 4. Kegiatan
inti 5. Mengatur presntasi kelompok 6. Memberikan pembelajaran langsung 7. Penutup
17.
Tahapan model STAD ada
: 1. Pemebelajaran (instruksion) 2. Membentuk kelompok 3. Belajar kelompok dan
pengawasan 4. Kuis 5. Poin peningkatan
individu 6. Penghargaan kelompok
18.
Model pembelajaran
siklus belajar : fase yg diorganisasikan sehingga dpt mengauasai kompetensi yg
hrs dicapai dlm pembeljrn dg jln berperan aktif
19.
Tahapan learning cycle 5
: 1. Menyiapkan siswa –tanya jawab – tes awal – demonstrasi 2. Penjajakan –
diskusi konsep baru – praktikum 3. Penjelasan
–penjelasan konsep – diskusi 4. Penerapan
konsep – contoh lain – demonstrasi lanjutan – praktikum 5. Evaluasi – evaluasi – test tulis
20.
Macam2 permainana
bahasa : 1. Bisk berantai 2. Lihat katakana 3. Aku seorang detektif 4. Bertanay
dan menerka 5. Baca lakukan 6. Bermain telepon 7. Meloncat bulatan kata 8. Perjalana
dengan denah 9. Mengarang gotong royong 10. Stabile kalimat 11. Kata dari wacana 12. Cerita berantai 13. Siap
laksanakan perintah
1.
Peraga (tanaman kacang
tanah) memuat isi pesan pembelajaran (materi) tetapi memerlukan orang atau
media lain
2.
Media (modul, video
pembelajaran, majalah, koran) memuat isi pesan secara pembelajaran secara
mandiri
3.
Peraga pembelajaran
mauoun media pembeljrn disebut media pembelajaran boleh juag sumber blajar
4.
Sumber belajar adl
segala sesuatu yg memuat isi pesan pembelajaran
5.
Ragam media
pembelajaran : 1. Media yg tdk diproyeksikan (realia, model, bahan grafis,
display) 2. Media yg diproyeksikan 3. Media audio 4. Media video 5. Media berbasis
computer 6.multimedia
6.
Syarat pembuatan LKS :
1. Dedaktis (cocok utk semua keadaan) 2. Konstruk (ketepatan isi pembelajaran)
3. Teknis (agar lks menarik)
7.
LKS harus memuat : 1. Judul
2. SK/KD/indicator dan tujuan pembelajaran 3. Waktu penyelesaian 4. Alat dan bahan kegiatan 5. Informasi
singkat (langkah kerja) 6. Tujuan penguasaan kompetensi 7. Panduan kerja /
penugasan 8. Pedoman penilaian dan rubric
1.
Assesmen adl rangkaian
kegiatan utk memperoleh menegnalisis dan menafsirkan data ttg proses dan
hasil belajar peserta didik yg dilakukan
secara sisteamtis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi g bermakna
dlm pengambilan keputusan.
2.
4 sitilah yg terkait dg
onsep assesmen : 1. Pengukuran adl proses penetapan ukuran terhadap suatu
gejala menrt aturan tertentu 2. Pengujian
: merpkn bagian dari pengukuran yg dilanjutkan dg kegiatan penilaian3. Penilaian
adl istilah yg mencakup semua metode yg biasa digunakan utk menilai unjuk kerja
individu atau kelompok 4. Evaluasi adl penialai sistematik ttg manfaat atau
kegunaan suatu objek
3.
Langkah2 PTK : 1.
Identifikasi maslah 2. Analisis masalah dan perumusan masalah 3. Perumusan hipotesis
tindakan --perencanaan tindakan –pelaksanaan
tindakan – tahapan pengamatan observasi – tahap refleksi 4. Menyusun proposal
(usul) PTK
4.
Sistematika usulan PTK
: 1. Judul 2. Bidang kajian 3. Pendahuluan 4. Perumusan dan pemecahan masalah
5. Tujuan dan mnfaat penelitian 6. Kajian pustaka / tyinjauan pustaka 7. Metode
penelitian (prosedur penelitian) 8. Jadwal penelitian 9. Personalia penelitian
10. Biaya penelitian 11. Daftar pustaka 12. Lampiran
5.
Isi silabus : standar
proses SK, KD materi pembelajaran kegiatan pembelajar, indicator pembelakaran,
penilaian, alokasi waktu dan sumbe rbelajar