HASIL ANALISIS SKL DAN SI PERSIAPAN UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
SEKOLAH :
SMP/MTs
KURIKULUM :
STANDAR ISI
N0.
|
SKL ALTERNATIF
|
INDIKATOR
|
URAIAN INDIKATOR
|
INDIKATOR SOAL
|
KETERANGAN SK/KD TERKAIT
|
1
|
Peserta didik mampu
menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan,
perbandingan, bilangan berpangkat dan bentuk akar, aritmetika sosial, barisan
Bilangan , serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1. Menghitung hasil
operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
|
a.
Konsep
operasi campuran
b.
Operasi
menggunakan lambang
c.
Aplikasi
|
1.1. Menghitung
hasil operasi campuran
bilangan bulat.
1.2.
Menyelesaikan soal cerita yang
menggunakan operasi hitung bilangan
bulat
|
VII/I
SK
I
1.1;
1.2
|
2.
Menghitung operasi tambah, kurang , kali dan bagi pada bilangan pecahan
|
a. Konsep operasi campuran
b. Operasi menggunakan lambang
c. Aplikasi
|
2.1 Menghitung hasil operasi campuran pecahan
2.2 Menghitung hasil operasi campuran berkaitan dengan
beberapa jenis pecahan
2.2. Menyelesaikan soal
cerita yang menggunakan operasi hitung bilangan pecahan
|
VII/I
SK
I
1.1;
1.2
|
||
3. Mengurutkan pecahan, jika diberikan
beberapa jenis pecahan
|
a. Urutan
pecahan (dengan jenis pecahan berbeda-beda)
|
3.1 Mengurutkan pecahan jika diberikan
beberapa jenis pecahan
3.2 Menentukan beberapa pecahan
diantara dua jenis bilangan pecahan yang diberikan
|
VII/I
SK
I
1.1;
1.2
|
||
4. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan
bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
a. Menentukan bentuk akar ke Pangkat
Pecahan dan sebaliknya
b.
Menentukan hasil perpangkatan bilangan negative atau pecahan
c.
Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan
bilangan bentuk akar
c.
Menentukan hasil perkalian dan pembagian
bilangan bentuk akar
d.
Menyedaerhanakan bilangan dengan penyebut bentuk akar
|
4.1 Menentukan bentuk akar ke pangkat
pecahan dan sebaliknya
4.2 Menentukan hasil perpangkatan bilangan negative atau
pecahan
4.3 Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bentuk akar
4.4 Menentukan hasil perkalian dan pembagian bilangan bentuk akar
4.5 Menyedaerhanakan bilangan dengan penyebut bentuk
akar
|
VII/I
SK
I
1.1;
1.2
|
||
5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan skala dan perbandingan
|
a. Skala
b. Perbandingan senilai
c. Perbandingan berbalik nilai
d. Aplikasi berkaitan dengan perbandingan
|
5.1
Menentukan skala
5.2
Menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan
dengan
perbandingan senilai
5.3 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan
perbandingan berbalik nilai
|
VII/I
SK
3
3.4
|
||
6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan jual-beli
|
a. Persentase untung/rugi
b.Harga penjualan
c. Harga pembelian
|
6.1 Menentukan persentase untung atau rugi
6.2 Menentukan harga penjualan atau pembelian
|
VII/I
SK
3
3.3
|
||
7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan perbankan dan koperasi
|
a.
Angsuran/bulan
b.
Waktu/lama
c.
Bunga
pertahun
d.
Besar
tabungan awal
|
7.1 Menentukan besar tabungan awal
7.2 Menentukan besar bunga pertahun
7.3 Menentukan waktu atau besar uang setelah n bulan
dalam perbankan
7.4 Menentukan
persentase bunga dalam perbankan
7.5 Menentukan besar angsuran setiap bulan
pada koperasi.
|
VII/I
SK
3
3.3
|
||
8. Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan menentukan suku ke-n suatu barisan
|
a. Menentukan Un, jika rumus Un diketahui
b. Menentukan rumus Un
|
8.1
Menentukan suku
ke-n barisan bilangan
8.2
Menentukan rumus ke-n
barisan bilangan
8.3
Menyelesaikan
soal tentang gambar berpola
|
IX/II
6.1
|
||
9. Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan barisan bilangan aritmatika dan
geometri
|
a. Menentukan
Un, jika unsur yang diperlukan diketahui dari barisan bilanga aritmatika
b. Menentukan
Un, jika unsur yang diperlukan diketahui dari barisan bilangan geometri
c. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan
bilangan aritmatika
d. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan
bilangan geometri
|
9.1
Menentukan Un, jika unsur yang diperlukan
diketahui dari barisan bilanga aritmatika
9.2
Menentukan Un, jika unsur yang diperlukan
diketahui dari barisan bilangan geometri
9.3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan aritmatika
9.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan geometri
|
IX/II
6.2;6.3;6.4
|
||
10. Menyelesaikan masalah yang berkaitan
deret
|
a. Menentukan
jumlah n suku pertama deret aritmatika
, jika unsur yang diperlukan diketahui
b. Menentukan
jumlah n suku pertama deret geometri ,
jika unsur yang diperlukan diketahui
c. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan deret
aritmatika
d. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan deret geometri
|
10.1 Menentukan
jumlah n suku pertama deret aritmatika,
jika unsur yang diperlukan diketahui
10.2 Menentukan jumlah n suku pertama deret geometri , jika
unsur yang diperlukan diketahui
10.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan deret
aritmatika
10.4 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
deret geometri
|
IX/II
6.2;6.3;6.4
|
2
|
Peserta didik mampu memahami operasi
bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linear, persamaan garis,
himpunan, relasi fungsi, sistem persamaan linear, serta menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
|
1.
Mengalikan bentuk aljabar
|
a.
Perkalian suku satu dengan suku satu
b.
Perkalian suku dua dengan suku dua
|
1.1 Menentukan hasil perkalian bentuk aljabar suku satu dengan suku dua.
1.2
Menentukan hasil perkalian
suku dua dengan suku dua
|
VII/
SK 2
KD 2.2
|
2.
Menghitung
operasi tambah, kurang, kali dan bagi atau kuadrat bentuk aljabar
|
a.
Menyederhanakan suku-suku
b.
Kuadrat suku dua
|
2.1 Menentukan hasil operasi hitung aljabar
2.2 Menentukan kuadrat
bentuk aljabar.
|
VII/
SK 2
KD 2.2
|
||
3.
Menyederhanakan bentuk
pecahan aljabar dengan memfaktorkan atau Pemfaktoran
|
a.
Memfaktorkan
b.
Menyederhanakan
pecahan dengan memfaktorkan
|
3.1 Menyederhanakan bentuk aljabar dengan memfaktorkan
3.2 Menyederhanakan bentuk pecahan aljabar dengan memfaktorkan
.
|
VII/
SK 2
KD 2.2
|
||
4.
Menyelesaikan
persamaan linier satu variabel dalam bentuk pecahan
|
Menyelesaikan persamaan linier satu variabel
dalam bentuk pecahan
|
4.1 Menyelesaikan persamaan linier satu variabel dalam
bentuk pecahan
|
VII/
SK 2
KD 2.3
|
||
5.
Menyelesaikan
pertidaksamaan linier satu variabel
|
a. Pertidaksamaan linier satu variabel
b. Persamaan linier satu variabel dalam bentuk pecahan
dengan
penggunaan
hukum distributif
|
5.1 Menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan
linier satu variabel
5.2 Menentukan himpunan penyelesaian dalam bentuk
pecahan dengan menggunakan hukum distributif
|
VII/
SK 2
KD 2.4
|
||
6.
Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan persamaan linier satu variabel
|
a. Aplikasi
|
6.1 Menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
|
VII/
SK 3
KD 3.1
|
||
7.
Menentukan
operasi dua himpunan
|
Irisan,
gabungan, komplemen, atau pengurangan dua himpunan
|
7.1
Menentukan irisan atau
gabungan dua himpunan.
7.2
Menentukan penguangan dua himpunan
|
VII
SK
4
KD
4.3
|
||
8.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan
dua himpunan
|
a. Aplikasi
|
8.1
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan irisan atau gabungan dua himpunan.
|
VII
SK
4
KD
4.3
|
||
9.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan relasi atau fungsi
|
a.
Domain, codomain dan range
b.
Konsep relasi/fungsi
c.
Nilai fungsi
|
9.1 Menentukan relasi yang menghubungkan
dua himpunan
9.2 Menentukan diagram panah/himpunan
pasangan berurutan/diagram cartesius
yang merupakan pemetaan/fungsi
9.3 Menentukan
nilai fungsi
9.4 Menentukan
rumus fungsi jika nilai
f(c) diketahui
|
VIII
SK
1
KD
1.3
|
||
10
Menentukan
gradien, persamaan garis dan grafiknya
|
a.
Gradien
b.
Persamaan garis
c.
Grafik
|
10.1
Menentukan
gradien garis
10.2 Menentukan persamaan garis
10.3 Menentukan
persamaan garis yang melalui satu
titik dan sejajar atau tegak lurus garis lain
10.4 Menentukan
grafik dari persamaan garis atau sebaliknya
|
VIII
SK
1
KD
1.4; 1.6
|
||
10
Menentukan
penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel
(SPLDV)
|
a.
Konsep
|
10.1 Menentukan penyelesaian dari
SPLDV
|
VIII
SK
2
KD
2.1
|
||
11
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan SPLDV
|
Aplikasi
|
11.1 Menyelesaikan
soal cerita yang
berkaitan dengan SPLDV
|
VIII
SK
2
KD
2.3
|
3
|
Peserta didik mampu memahami bangun datar, bangun ruang, garis
sejajar, dan sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
1. Menentukan
jenis-jenis segitiga
|
a.
Jenis
segitiga menurut sudutnya
b.
Jenis
segitiga menurut sisinya.
|
1.1 Menentukan banyaknya
segitiga tumpul atau lancip, jika diberikan gambar yang memuat berbagai macam segitiga
sembarang
1.2 Menentukan banyaknya
segitiga samakaki atau sama sisi, jika diberikan gambar yang memuat berbagai macam segitiga
sembarang
|
VII
SK 6
KD 6.1
|
2. Menentukan
garis-garis istimewa pada segitiga
|
Garis berat,
garis tinggi, garis bagi dan garis sumbu
|
2.1 Menyebutkan urutan dalam melukis
garis-garis istimewa pada segitiga jika diberikan gambar langkah-langkah
menggambar garis berat, garis tinggi, garis bagi atau garis sumbu
|
VII
SK 6
KD 6.4
|
||
3. Menyelesaikan soal menggunakan teorema
Pythagoras
|
Soal-soal yang penyelesaiaanya menggunakan Pythagoras
|
3.1 Menentukan bilangan-bilangan
yang
merupakan Tripel Pythagoras
3.2 Menghitung panjang sisi pada segitiga
siku-siku
3.3 Menyelesaikan soal cerita dengan
menggunakan teorema Pythagoras
|
VII
SK 6
KD 6.2
|
||
4. Menghitung luas gabungan dua bangun
datar
|
a.
Luas gambar gabungan dari dua bangun datar
b.
Masalah yang menggunakan/berkaitan dengan luas
gabungan dua bangun datar
|
4.1
Menghitung luas gabungan beberapa
bangun datar
4.2
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan gabungan luas bangun
datar
|
VII
SK 6
KD 6.3
|
||
5. Menghitung keliling gabungan dua bangun datar dan menggunakan konsep keliling bangun datar dalam kehidupan
sehari-hari
|
a. Keliling
gambar gabungan dari dua bangun datar
b. Masalah
yang menggunakan/berkaitan dengan
keliling
bangun
datar segi 4
|
5.1. Menghitung
keliling gabungan beberapa
bangun datar
5.2.
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan keliling bangun datar
|
VII
SK 6
KD 6.3
|
||
6. Menghitung besar sudut yang melibatkan
sudut dalam dan sudut luar segitiga
|
Sudut dalam dan sudut luar segitiga
|
6.1
Menghitung
besar sudut dalam atau sudut luar bila unsur-unsur yang lain diketahui
6.2
Menghitung besar
sudut dalam atau sudut luar yang melibatkan variabel bila unsur-unsur yang
lain diketahui
|
VII
SK 6
KD 6.1
|
||
7. Menghitung besar sudut yang terbentuk
jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan garis lain.
|
Sudut-sudut
pada dua garis sejajar
(bersisian,
bertolak belakang, sehadap, dalam
bereberangan, luar berseberangan dalam sepihak dan luar sepihak)
|
7.1 Menghitung besar sudut yang terbentuk pada dua garis
berpotongan atau dua garis berpotongan garis lain serta unsur-unsur yang
diperlukan
7.2 Menghitung besar sudut yang terbentuk pada dua garis
berpotongan atau dua garis berpotongan garis lain yang melibatkan variabel
bila unsur-unsur yang diperlukan diketahui
|
VII
SK
5
KD
5.2
|
||
8. Menghitung besar sudut pusat dan sudut
keliling lingkaran.
|
Hubungan
sudut pusat dan sudut keliling lingkaran
|
8.1 Menghitung besar sudut pusat/sudut keliling
8.2 Menghitung besar sudut pusat/sudut keliling yang
melibatkan variabel
|
VIII
SK 4
KD 4.3
|
||
9. Menghitung besar sudut yang saling
berpelurus atau berpenyiku
|
Dua
sudut saling berpelurus atau dua sudut saling berpenyiku
|
9.1 Menentukan
besar salah satu sudut yang saling berpenyiku/berpelurus
9.2
Menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan sudut
berpelurus/berpenyiku
|
VIII
SK 4
KD 4.3
|
||
10.
Menyelesaikan
soal yang berkaitan dengan garis singgung lingkaran
|
a.
Garis singgung dari sebuah titik pada lingkaran
b.
Garis singgung persekutuan dalam
c.
Garis singgung persekutuan luar
|
10.1 Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam
jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui
10.2 Menghitung panjang garis singgung persekutuan luar
jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui
|
VIII
SK 4
KD 4.3
|
||
11. Menghitung luas juring lingkaran dari
unsur yang diketahui
|
a. Diketahui
sudut pusat dan jari-jari/diameter
b.
Diketahui dua sudut pusat juring dan salah satu luas
juring
|
11.1 Menghitung
besar sudut pusat atau sudut keliling pada lingkaran
11.2 Menghitung luas juring dengan sudut pusat tertentu
jika diberikan luas juring dengan sudut pusat tertentu yang lain
|
VIII
SK 4
KD 4.3
|
||
12. Menghitung panjang busur lingkaran dari unsur yang diketahui
|
a. Diketahui
sudut pusat dan jari-jari/diameter
b.
Diketahui
dua sudut pusat juring dan salah satu luas juring
|
12.1 Menghitung
pajang busur jika
diberikan besar sudut keliling dan jari-jari lingkaran
12.2 Menghitung panjang busur jika diberikan dua sudut
pusat juring dan salah satu luas juring
|
VIII
SK 4
KD 4.3
|
||
13. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan
konsep kesebangunan .
|
a.
Identifikasi
kesebangunan
b.
Menentukan sisi bersesuaian
c.
Menyelesaikan
masalah berkaitan konsep kesebangunan
(Aplikasi
atau pengembangan)
|
13.1 Menentukan
sisi-sisi yang bersesuaian bila diberikan dua buah bangun yang sebangun
13.2 Menghitung
panjang sisi pada dua bangun
yang sebangun
13.3
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan kesebangunan
|
IX
|
||
14. Menyelesaikan soal dengan menggunakan
konsep kesebangunan dua trapesium sebangun
|
a.
Menghitung
panjang ruas garis pada 2 trapesium
sebangun
b.
Menyelesaikan
soal-soal berkaitan dengan garis pada pada trapezium
|
14.1Menghitung panjang
ruas garis pada 2 trapesium sebangun
14.2 Menyelesaikan soal-soal berkaitan dengan garis
pada pada trapezium
|
|
||
15. Menyelesaikan soal dengan menggunakan
konsep kongruensi .
|
a.
Identifikasi
kongruensi
b.
Menentukan
panjang sisi menggunakan konsep kongruensi
c.
Menentukan
syarat kongruensi
|
14.1 Menentukan banyak pasangan
segitiga kongruen, jika diberikan gambar yang memuat
beberapa pasang segitiga kongruen
14.2Menentukan pasangan
sisi atau sudut yang sama, jika diberikan gambar dua segitiga
kongruen
14.3 Menentukan panjang sisi
menggunakan konsep kekongruenan
14.4 Menentukan syarat dua segitiga kongruen
|
|
||
16. Menentukan unsur-unsur pada kubus dan
balok atau sisi lengkung
|
Menentukan unsur-unsur pada kubus, balok, tabung, kerucut, dan bola
|
16.1 Menentukan banyak sisi,
bidang diagonal atau diagonal ruang pada kubus atau balok
16.2. Menentukan banyak rusuk
atau sisi pada prisma atau limas
|
IX
SK 5
KD 5.1
|
||
17. Menyelesaikan soal jaring-jaring bangun
ruang sisi datar
|
Menyelesaikan soal tentang jaring-jaring
kubus atau balok
|
17.1
Menentukan
jaring-jaring kubus atau balok, jika diberikan gambar rangkaian persegi atau persegipanjang
17.2
Menentukan jaring-jaring limas segi-n, jika
diberikan rangkaian segi n dan n segitiga
17.3
Diberikan gambar rangkaian persegi,
siswa dapat menentukan
persegi yang
merupakan alas bila tutupnya
diketahui dari jaring-jaring kubus
|
IX
SK 5
KD 5.2
|
||
18.
Menyelesaikan
soal berkaitan dengan model kerangka bangun ruang
|
Menyelesaikan soal berkaitan
dengan model kerangka bangun ruang
|
18.1 Menentukan panjang diagonal ruang dari balok bila
unsur-unsur yang diperlukan diketahui
18.2 Menentukan jumlah panjang rusuk dari limas segi n
beraturan bila unsur-unsur yang diperlukan diketahui
|
IX
SK 5
KD 5.1
|
||
19. Menentukan volume bangun ruang sisi datar dan sisi
lengkung
|
Menentukan volume bangun ruang
sisi datar dan sisi lengkung
|
19.1
Menghitung volume kubus, balok, prisma, atau limas
19.2 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
volume bangun
ruang sisi datar
19.3 Menghitung volume tabung, kerucut, atau bola
19.4 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
volume bangun
ruang sisi lengkung
|
IX
SK 5
KD 5.3
|
||
20. Menghitung
luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
|
Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
|
20.1 Menghitung luas
permukaan
kubus, balok, prisma, atau
limas
20.2 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas permukaan bangun
ruang sisi datar
20.3 Menghitung luas permukaan tabung, kerucut, atau bola
20.4 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas permukaan bangun
ruang sisi lengkung
|
IX
SK 5
KD 5.1
|
4
|
Peserta didik mampu memahami konsep dalam statistika, serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
1.
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam
menyelesaikan masalah
sehari-hari.
|
a.
Mean,
median dan modus sebuah data
b.
Mean,
median dan modus sebuah data pada tabel frekuensi
c.
Menafsirkan
data pada tabel frekuensi
d.
Aplikasi
|
1.1. Menghitung mean, median, atau modus
data tunggal
1.2. Menghitung mean, median, atau modus data tunggal pada tabel frekuensi
1.3 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan nilai rata-rata
1.4 Menafsirkan data yang
disajikan dalam bentuk tabel frekuensi
|
|
2.
Menyajikan dan menafsirkan data .
|
a.
Diagram lingkaran, garis dan batang
|
2.1
Menafsirkan
data yang disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram lingkaran, atau
diagram garis
|
|
5.
|
Peserta didik mampu
memahami konsep peluang suatu kejadian, serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah.
|
1.
Menentukan
ruang sampel dan titik sampel suatu
percobaan
|
Titik sampel dan ruang sampel suatu
percobaan
|
1.1 Menentukan banyaknya titik sampel pada ruang sampel
suatu percobaan
1.2 Menentukan banyaknya titik sampel suatu
percobaan
1.3 Menentukan banyaknya susunan bilangan yang mungkin
|
IX
SK 3
KD 3.1;3.2
|
2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan peluang suatu kejadian
|
a. Peluang
suatu kejadian
b. Aplikasi
|
2.1 Menentuan peluang suatu kejadian
2.2 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
peluang
|
IX
SK 4
KD 4.1;4.2
|