RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs Islamiyah Ketapang
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
VII (tujuh)/ 1 (satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1.
Memahami penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1. Mengidentifikasi
berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x pertemuan (1 x 40 menit)
|
A. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
v mengidentifikasi
peralatan teknologi informasi dan
komunikasi dengan tepat, teliti dan disiplin
v mengidentifikasi
peralatan teknologi informasi dan
komunikasi teknologi informasi
v mengidentifikasi
peralatan teknologi informasi dan
komunikasi elektronika
v Melalui setudi pustaka
peserta didik dapat :
v menjelaskan pengertian
dan fungsi berbagai peralatan teknologi
informasi di bidang telekomunikasi
v Disajikan seperangkat
alat TIK, peserta didik mampu :
v menjelaskan fungsi
berbagai peralatan teknologi informasi di bidang teknologi informasi
v menjelaskan fungsi
berbagai peralatan teknologi informasi di bidang elektronika
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
a.
Bidang telekomunikasi
b.
Bidang teknologi informasi
c.
Bidang Elektronika
Fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Materi :
1.
Pengertian
TIK
2. Sejarah
3. Penerapan
TIK dalam Pendidikan di Indonesia
4. Buku
Elektronik
5.
E-learning
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang
menyangkut tentang penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
·
Memberika motivasi pentingnya TIK
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati peralatan
teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab. komputer, Nama Sekolah dan sekitarnya
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.)
tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
F
Mengerjakan
lembar kerja.
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F
Menarik
kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
E.
Sumber Belajar
Perangkat
TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket,
lembar kerja, dsb.
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Mengidentifikasi
peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang
Ø Menjelaskan
fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
|
Tes tertulis
Tes Tertulis
|
Uraian
Uraian
|
Tunjukkanlah gambar
yang termasuk peral-atan
teknologi informasi dan sebutkan nama peralatannya.
Jelaskan fungsi dari faximail!
|
Lembar Observasi
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skala kuantitatif
|
Nilai =
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
Jsp/jsm x 100
|
||
1
|
Menunjukan alat input
|
√
|
|
|
|
|
2
|
Menunjukan alat pemerosesan data
|
|
|
√
|
|
|
3
|
Menunjukan alat output
|
√
|
|
|
|
|
4
|
Menunjukan alat trasfer data
|
|
√
|
|
|
|
|
Jumlah
|
8
|
3
|
2
|
-
|
|
Nilai = Jumlah Skor
Perolehan x 100 = 13 x
100 = 81,25
Jml Skor maksimal 16
Keterangan:
Berikan
tanda check ( V ) pada kolom yang sesuai
4 jika selalu muncul
3 jika sering muncul
2 jika kadang-kadang muncul
1 jika tidak pernah muncul
Mengetahui,
Kepala
MTs Islamiyah Ketapang
( ANHARI, S. Pd. I)
NIP/NIK
: .........................
|
|
Ketapang, Juli
2011
Guru
Mapel TIK.
(ROHANI, SHI.)
NIP/NIK
: .............................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs Islamiyah Ketapang
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
VII (tujuh)/ 1 (satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami penggunaan TIK dan prospeknya di masa
datang
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2 Mendeskripsikan
sejarah perkembangan TIK dari masa lalu sampai sekarang
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x
pertemuan ( 2 x 40 )
|
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
·
Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang
telekomunikasi
·
Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang
informasi
·
Menjelaskan perkembangan perangkat Tik dalam bidang etika
·
Mendeskripskan perkembangan perangkat TIK beserta
fungsinya dan dampaknya
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
- Sejarah tentang perkembangan bidang telekomunikasi
- Sejarah tentang perkembangan komunikasi
- Sejarah tentang perkembangan informasi
- Perangkat-perangkat TIK dari tradisional sampai modern
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model: Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan
motivasi :
·
Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan peserta didik tentang keuntungan
dan kerugian dampak TIK
F
Mencari
informasi di media cetak (buku, majalah dsb) tentang sejarah perkembangan TIK
F Menjelaskan fungsi beberapa perangkat TIK
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F
Menarik
kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan
motivasi :
·
Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menyampaikan
sejarah perkembangan TIK dari tradisonal samapai moderen
F
Menyampaikan
sejarah perkembangan TIK secara elektronik
dari generasi pertama sampai generasi terakhir
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengerjakan lembar kerja
E. Sumber Belajar
Perangkat
TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku teks,
lembar kerja, VCD dsb.
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Menjelaskan
perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi
Ø Mendeskripsikan
perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya
|
Tes tertulis
Ter tertulis
|
Uraian/ pilihan ganda
Uraian
|
Jelaskan berbagai penemuan yang terkait dengan
perangkat teknologi informasi dan komunikasi!
Deskripsikanlah
fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan
perkembangan penemuannya!
|
Mengetahui,
Kepala
MTs Islamiyah Ketapang
( ANHARI, S. Pd. I)
NIP/NIK
: .........................
|
|
Ketapang, Juli
2011
Guru
Mapel TIK.
(ROHANI, SHI.)
NIP/NIK
: .............................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs Islamiyah Ketapang
|
||||||||||||||
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
||||||||||||||
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 1
|
||||||||||||||
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di
masa mendatang
|
||||||||||||||
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan
komunikasi di dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||||||||||||||
Alokasi Waktu
|
:
|
1 X 40 menit.
|
||||||||||||||
Tujuan Pembelajaran
|
||||||||||||||||
Peserta didik mampu :
|
||||||||||||||||
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||||||||||
Materi Ajar :
|
||||||||||||||||
Metode Pembelajaran :
Pendekatan CTL dan life skill.
|
||||||||||||||||
Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
apresiasi dan motivasi :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengamati tayangan tentang
peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan.
F melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik
membentuk kelompok diskusi
F Mengamati peran teknologi informasi dan
komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang.
F Melakukan studi
pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan.
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi
untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi
bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
F
Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi
informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.
|
||||||||||||||||
Sumber / Alat pembelajaran :
|
||||||||||||||||
Penilaian :
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
|