Minggu, 11 September 2011

RPP TIK KELAS 7 SEM 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
:
SMP/MTs Islamiyah Ketapang
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
1.         Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar
:
1.1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Alokasi Waktu
:
1 x pertemuan (1 x 40 menit)

A. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
v  mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan   komunikasi dengan tepat, teliti dan disiplin
v  mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan   komunikasi teknologi informasi
v  mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan   komunikasi elektronika
v  Melalui setudi pustaka peserta didik dapat :
v  menjelaskan pengertian dan  fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang telekomunikasi
v  Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
v  menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang teknologi informasi
v  menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang elektronika

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Pembelajaran
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
a.       Bidang telekomunikasi
b.      Bidang teknologi informasi
c.       Bidang Elektronika
Fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi

Materi :
1.      Pengertian TIK
2.      Sejarah
3.      Penerapan TIK dalam Pendidikan di Indonesia
4.      Buku Elektronik
5.      E-learning

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan            :  CTL
Model                    :  Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
            1. Kegiatan Pendahuluan
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
·         Memberika motivasi pentingnya TIK
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Peserta didik membentuk kelompok diskusi
            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab. komputer, Nama Sekolah dan sekitarnya
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mencari  informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
F  Mengerjakan lembar kerja.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.

F. Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang


Ø  Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Tes tertulis




Tes Tertulis
Uraian




Uraian
Tunjukkanlah gambar  yang termasuk  peral-atan teknologi informasi dan sebutkan nama peralatannya.

Jelaskan fungsi dari faximail!
        
Lembar Observasi
No
Aspek yang dinilai
Skala kuantitatif
Nilai =
4
3
2
1
Jsp/jsm x 100
1
Menunjukan alat input




2
Menunjukan alat pemerosesan data




3
Menunjukan alat output




4
Menunjukan alat trasfer data





Jumlah
8
3
2
-


Nilai = Jumlah Skor Perolehan  x 100 = 13   x   100 =  81,25
            Jml Skor maksimal                           16

Keterangan:
Berikan tanda check ( V ) pada kolom yang sesuai
            4 jika selalu muncul
            3 jika sering muncul
            2 jika kadang-kadang muncul
            1 jika tidak pernah muncul


Mengetahui,
Kepala MTs Islamiyah Ketapang



( ANHARI, S. Pd. I)
NIP/NIK : .........................

Ketapang,      Juli  2011
Guru Mapel TIK.



(ROHANI, SHI.)
NIP/NIK : .............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
:
SMP/MTs Islamiyah Ketapang
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
1. Memahami penggunaan TIK dan prospeknya di masa datang

Kompetensi Dasar
:
1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan TIK dari masa lalu sampai sekarang
Alokasi Waktu
:
2 x  pertemuan ( 2 x 40 )

A. Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik mampu :
·         Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang telekomunikasi
·         Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang informasi
·         Menjelaskan perkembangan perangkat Tik dalam bidang etika
·         Mendeskripskan perkembangan perangkat TIK beserta fungsinya dan dampaknya

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Pembelajaran
  1. Sejarah tentang perkembangan bidang telekomunikasi
  2. Sejarah tentang perkembangan komunikasi
  3. Sejarah tentang perkembangan informasi
  4. Perangkat-perangkat TIK dari tradisional sampai modern

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan  CTL
Model: Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
            1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan peserta didik tentang keuntungan dan kerugian dampak TIK
F  Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb) tentang sejarah perkembangan TIK
F  Menjelaskan fungsi beberapa perangkat TIK
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan Kedua
            1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
           
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menyampaikan sejarah perkembangan TIK dari tradisonal samapai moderen
F  Menyampaikan sejarah perkembangan TIK secara elektronik  dari generasi pertama sampai generasi terakhir
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Mengerjakan lembar kerja


E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku teks, lembar kerja, VCD dsb.

F. Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi


Ø  Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  beserta fungsinya
Tes tertulis




Ter tertulis
Uraian/ pilihan ganda


Uraian
Jelaskan berbagai penemuan yang terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi!

Deskripsikanlah  fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan perkembangan penemuannya!
        
Mengetahui,
Kepala MTs Islamiyah Ketapang



( ANHARI, S. Pd. I)
NIP/NIK : .........................

Ketapang,      Juli  2011
Guru Mapel TIK.



(ROHANI, SHI.)
NIP/NIK : .............................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
:
SMP/MTs Islamiyah Ketapang
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester
:
VII / 1
Standar Kompetensi
:
Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar
:
1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan
       komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu
:
1 X 40 menit.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
  1. Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang.
  2. Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan.
  3. Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan.
v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Ajar :
  1. Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Metode Pembelajaran :
  1. Diskusi
  2. Tanya Jawab
  3. Penemuan dari telaah pustaka
Pendekatan CTL dan life skill.
Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
  1. Kegiatan Pendahuluan :
apresiasi  dan motivasi  :
    1. Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang berkaitan dengan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran

  1. Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F   Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang.
F  Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan.
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
F  Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber / Alat pembelajaran :
  1. Perangkat TIK
  2. Buku paket + literatur tambahan
  3. Multimedia
Penilaian :
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Menyebutkan  peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan

Ø  Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
Tes tertulis



Tes tertulis
Uraian



Uraian


Sebutkan  peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan!

Jelaskanlah peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!
        
Mengetahui,
Kepala MTs Islamiyah Ketapang



( ANHARI, S. Pd. I)
NIP/NIK : .........................

Ketapang,      Juli  2011
Guru Mapel TIK.



(ROHANI, SHI.)
NIP/NIK : .............................