RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | MTs Islamiyah Ketapang |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | IX (sembilan)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet dan intranet. |
Kompetensi Dasar | : | 1.1. Menjelaskan pengertian dasar internet dan intranet. |
Alokasi Waktu | : | 1 x 40 menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1. Menjelaskan pengertian internet dan Intranet
2. Menyebutkan kegunaan internet dan Intranet
3. Menjelaskan perbedaan internet dan intranet
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Pengertian internet dan Intranet
- Kegunaan internet dan Intranet
- Perbedaan internet dan intranet
C. METODE PEMBELAJARAN
· Studi Pustaka, Diskusi, ceramah dan tanya jawab
· Pendekatan Model CTL
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan tentang kegunaan komputer
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang internet/intranet.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari informasi dari media informasi lain tentang internet/intranet.
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang internet/intranet.
E. SUMBER / ALAT PEMBELAJARAN
Buku paket dan media informasi lain.
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Menjelaskan pengertian: -intranet -internet
| Tes tertulis
| Uraian
| Jelaskan pengertian internet!
Jelaskan pengertian intranet!
|
Mengetahui, Kepala MTs Islamiyah Ketapang
( ANHARI, S. Pd. I) NIP/NIK : ......................... |
| Ketapang, Juli 2011 Guru Mapel TIK.
(ROHANI, SHI.) NIP/NIK : ............................. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | MTs Islamiyah Ketapang |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | IX (sembilan)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet. |
Kompetensi Dasar | : | 1.2. Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan di internet/intranet. |
Alokasi Waktu | : | 1 x 40 menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
- Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet
- Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan intranet
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Dasar-dasar sistem jaringan internet
- Dasar-dasar sistem jaringan intranet
C. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan tentang pengertian internet/intranet.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang dasar-dasar sistem jaringan internet dan intranet.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang dasar-dasar sistem jaringan internet dan intranet.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
Perpustakaan, buku paket dan media informasi lain.
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan: -internet -intranet
Ø Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan: -internet -intranet | Tes tertulis
Tes tertulis | Uraian
Uraian | Jelaskan tentang jaringan: -internet -intranet
Jelaskan tentang jaringan: -internet -intranet
|
Mengetahui, Kepala MTs Islamiyah Ketapang
( ANHARI, S. Pd. I) NIP/NIK : ......................... |
| Ketapang, Juli 2011 Guru Mapel TIK.
(ROHANI, SHI.) NIP/NIK : ............................. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | MTs Islamiyah Ketapang |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | IX (sembilan)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 1 . Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet. |
Kompetensi Dasar | : | 1.3. Mengenal ukuran kecepatan akses internet. |
Alokasi Waktu | : | 2 x 40 menit |
1 TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
- Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet
- Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
2 MATERI PEMBELAJARAN
- Ukuran kecepatan akses internet
3 METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill
4 LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama (2 x 40 menit) :
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan tentang bagian-bagian jaringan internet/intranet.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang ukuran kecepatan akses internet.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menarik kesimpulan.
F Tugas kliping tentang ukuran kecepatan akses internet.
Pertemuan kedua (2 x 40 menit) :
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan tentang bagian-bagian jaringan internet/intranet.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menelaah hasil informasi tentang ukuran kecepatan akses internet dari kliping yang telah dibuat.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5 SUMBER PEMBELAJARAN
Buku paket dan media informasi lain.
6 PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet
Ø Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan
| Tes tertulis
Tes praktik (kinerja)
| Uraian/ pilihan ganda
Tes indentifikasi
| Jelaskan ukuran kecepatan akses internet!
Indetifikasikan ukuran kecepatan akses internet sesuai dengan koneksi internet yang tersedia!
|
Mengetahui, Kepala MTs Islamiyah Ketapang
( ANHARI, S. Pd. I) NIP/NIK : ......................... |
| Ketapang, Juli 2011 Guru Mapel TIK.
(ROHANI, SHI.) NIP/NIK : ............................. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | MTs Islamiyah Ketapang |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | IX (sembilan)/ 1 (Satu) |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet |
Kompetensi Dasar | : | 1.4. Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet/intranet |
Alokasi Waktu | : | 4 x 40 menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
- Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
- Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
- Mengidentifikasi fungsi perangkat keras yang digunakan dalam internet
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI PEMBELAJARAN
Akses internet
· Persyaratan perangkat keras internet
· Persyaratan perangkat keras intranet
C. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
o Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan untuk internet
o Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengidentifikasi perangkat keras internet
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Secara kelompik menelaah buku paket untuk mengetahui persyaratan yang diperlukan untuk perangkat keras internet
F Mengerjakan lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan kedua (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan untuk intranet
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengidentifikasi perangkat keras internet
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Secara kelompik menelaah buku paket untuk mengetahui persyaratan yang diperlukan untuk perangkat keras intranet
F Mengerjakan lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan ketiga dan empat ( 2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan untuk internet
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengidentifikasi perangkat keras internet
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Secara kelompok menelaah melalui studi pustaka untuk mengetahui fungsi dari perangkat keras internet
F Mengerjakan lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mempresentasikan hasil kerja kelompok
F Menarik kesimpulan
E. SUMBER PEMBELAJARAN
Komputer, koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah dsb.) diperpustakaan.
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet Ø Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
Ø Mengidentifikasi fungsi dan perangkat yang digunakan akses internet | Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
| Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi | Tunjukkanlah perangkat keras yang digunakan internet/ intranet!
Tunjukanlah peralatan yang digunakan internet dan sebutkan fungsinya!
Tunjukkan peralatan yang digunakan internet! |
Mengetahui, Kepala MTs Islamiyah Ketapang
( ANHARI, S. Pd. I) NIP/NIK : ......................... |
| Ketapang, Juli 2011 Guru Mapel TIK.
(ROHANI, SHI.) NIP/NIK : ............................. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | MTs Islamiyah Ketapang |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | IX (sembilan)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 2. Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet |
Kompetensi Dasar | : | 1.5. Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/Intranet |
Alokasi Waktu | : | 4 x 40 menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
- Menjelaskan cara-cara sambungan internet
- Menunjukkan cara penyambungan internet/intranet
- Memilih fungsi layanan yang paling efektif di internet/intranet
- Menggunakan sambungan internet melalui Dial-up(Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2Mbps) atau Satelit)
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI PEMBELAJARAN
Akses internet
· Perangkat untuk mengakses internet
· Menghubungkan internet dengan menggunakan Dial-up
C. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menayangkan beberapa contoh tentang tata cara menghubungkan internet
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengamati tata cara penyambungan internet
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang penyambungan internet
F Menentukan sambungan internet melalui saluran komunikasi paling sesuai (efektif)
F Mengerjakan lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Pertemuan kedua ( 2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menayangkan beberapa contoh tentang tata cara menghubungkan internet
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengamati tata cara penyambungan internet
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Mengamati perbedaan tata cara penyambungan internet
F Menentukan sambungan internet melalui saluran komunikasi paling sesuai (efektif)
F Mengerjakan lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Pertemuan ketiga dan keempat ( 2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menayangkan beberapa contoh tentang tata cara menghubungkan internet
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik melakukan sambungan internet menggunakan Dial-Up
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
E. SUMBER / ALAT PEMBELAJARAN
Komputer, koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah, Buletin Internet, dsb.)
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Menjelaskan beberapa cara sambungan internet/intranet
Ø Melakukan sambungan Internet menggunakan Dial-up (Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit). | Tes tertulis
Tes praktik (kinerja)
| Uraian
Tes uji kerja | Jelaskan tata cara penyambungan internet menggunakan dial-up
Lakukan penyambungan internet menggunakan Dial-up (Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit)! |
Lembar Observasi
Instrumen | Skala Kuantitatif | Nilai 2 [(Jumlah/8)*10] | ||||
4 | 3 | 2 | 1 | |||
1 | Menunjukkan cara menghubungkan internet menggunakan Dial-up, ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit |
|
|
|
|
|
2 | Tunjukanlah perbedaan saluran komunikasi menggunakan Dial-up, ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit |
|
|
|
| |
| Jumlah |
|
|
Rubrik Uji Prosedur
Instrumen | Skala Kuantitatif | Nilai 3 [(Jumlah/4)* 10] | ||||
4 | 3 | 2 | 1 | |||
1 | Menghubungkan internet menggunakan Dial-up |
|
|
|
|
|
| Jumlah |
|
|
Keterangan :
Penilaian
Nilai KD = ( Nilai 1 + Nilai 2 + Nilai 3)/2
Mengetahui, Kepala MTs Islamiyah Ketapang
( ANHARI, S. Pd. I) NIP/NIK : ......................... |
| Ketapang, Juli 2011 Guru Mapel TIK.
(ROHANI, SHI.) NIP/NIK : ............................. |