RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP/MTs Islamiyah Ketapang |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VII (tujuh)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang |
Kompetensi Dasar | : | 1.1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi |
Alokasi Waktu | : | 1 x pertemuan (1 x 40 menit) |
A. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
v mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi dengan tepat, teliti dan disiplin
v mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi teknologi informasi
v mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi elektronika
v Melalui setudi pustaka peserta didik dapat :
v menjelaskan pengertian dan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang telekomunikasi
v Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
v menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang teknologi informasi
v menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang elektronika
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
a. Bidang telekomunikasi
b. Bidang teknologi informasi
c. Bidang Elektronika
Fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Materi :
1. Pengertian TIK
2. Sejarah
3. Penerapan TIK dalam Pendidikan di Indonesia
4. Buku Elektronik
5. E-learning
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
· Memberika motivasi pentingnya TIK
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
· Peserta didik membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab. komputer, Nama Sekolah dan sekitarnya
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
F Mengerjakan lembar kerja.
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang
Ø Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi | Tes tertulis
Tes Tertulis | Uraian
Uraian | Tunjukkanlah gambar yang termasuk peral-atan teknologi informasi dan sebutkan nama peralatannya.
Jelaskan fungsi dari faximail! |
Lembar Observasi
No | Aspek yang dinilai | Skala kuantitatif | Nilai = | |||
4 | 3 | 2 | 1 | Jsp/jsm x 100 | ||
1 | Menunjukan alat input | √ |
|
|
|
|
2 | Menunjukan alat pemerosesan data |
|
| √ |
|
|
3 | Menunjukan alat output | √ |
|
|
|
|
4 | Menunjukan alat trasfer data |
| √ |
|
|
|
| Jumlah | 8 | 3 | 2 | - |
|
Nilai = Jumlah Skor Perolehan x 100 = 13 x 100 = 81,25
Jml Skor maksimal 16
Keterangan:
Berikan tanda check ( V ) pada kolom yang sesuai
4 jika selalu muncul
3 jika sering muncul
2 jika kadang-kadang muncul
1 jika tidak pernah muncul
Mengetahui, Kepala MTs Islamiyah Ketapang
( ANHARI, S. Pd. I) NIP/NIK : ......................... |
| Ketapang, Juli 2011 Guru Mapel TIK.
(ROHANI, SHI.) NIP/NIK : ............................. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP/MTs Islamiyah Ketapang |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VII (tujuh)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami penggunaan TIK dan prospeknya di masa datang
|
Kompetensi Dasar | : | 1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan TIK dari masa lalu sampai sekarang |
Alokasi Waktu | : | 2 x pertemuan ( 2 x 40 ) |
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
· Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang telekomunikasi
· Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang informasi
· Menjelaskan perkembangan perangkat Tik dalam bidang etika
· Mendeskripskan perkembangan perangkat TIK beserta fungsinya dan dampaknya
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
- Sejarah tentang perkembangan bidang telekomunikasi
- Sejarah tentang perkembangan komunikasi
- Sejarah tentang perkembangan informasi
- Perangkat-perangkat TIK dari tradisional sampai modern
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model: Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan peserta didik tentang keuntungan dan kerugian dampak TIK
F Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb) tentang sejarah perkembangan TIK
F Menjelaskan fungsi beberapa perangkat TIK
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyampaikan sejarah perkembangan TIK dari tradisonal samapai moderen
F Menyampaikan sejarah perkembangan TIK secara elektronik dari generasi pertama sampai generasi terakhir
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengerjakan lembar kerja
E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku teks, lembar kerja, VCD dsb.
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi
Ø Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya | Tes tertulis
Ter tertulis | Uraian/ pilihan ganda
Uraian | Jelaskan berbagai penemuan yang terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi!
Deskripsikanlah fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan perkembangan penemuannya! |
Mengetahui, Kepala MTs Islamiyah Ketapang
( ANHARI, S. Pd. I) NIP/NIK : ......................... |
| Ketapang, Juli 2011 Guru Mapel TIK.
(ROHANI, SHI.) NIP/NIK : ............................. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP/MTs Islamiyah Ketapang | ||||||||||||||
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) | ||||||||||||||
Kelas / Semester | : | VII / 1 | ||||||||||||||
Standar Kompetensi | : | Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di masa mendatang | ||||||||||||||
Kompetensi Dasar | : | 1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari. | ||||||||||||||
Alokasi Waktu | : | 1 X 40 menit. | ||||||||||||||
Tujuan Pembelajaran | ||||||||||||||||
Peserta didik mampu :
| ||||||||||||||||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness)
| ||||||||||||||||
Materi Ajar :
| ||||||||||||||||
Metode Pembelajaran :
Pendekatan CTL dan life skill. | ||||||||||||||||
Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
apresiasi dan motivasi :
§ Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan. F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi F Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang. F Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan. F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan; F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik, F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber, F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan, F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar: Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar; Ø membantu menyelesaikan masalah; Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi; Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh; Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan. F Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.
| ||||||||||||||||
Sumber / Alat pembelajaran :
| ||||||||||||||||
Penilaian : Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
| Nama Sekolah | : | SMP/MTs Islamiyah Ketapang | ||||||||||||||
| Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi | ||||||||||||||
| Kelas / Semester | : | VII / 1 | ||||||||||||||
| Standar Kompetensi | : | Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di masa mendatang | ||||||||||||||
| Kompetensi Dasar | : | 1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. | ||||||||||||||
| Alokasi Waktu | : | 1 X 40 menit. | ||||||||||||||
|
|
|
| ||||||||||||||
I | Tujuan Pembelajaran | ||||||||||||||||
| Peserta didik mampu : · Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi. · Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan kkomunikasi. | ||||||||||||||||
| v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness)
| ||||||||||||||||
II | Materi Ajar : · Keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi. · Keuntungan penggunaan produk teknologi informasi dan komunikasi. | ||||||||||||||||
III | Metode Pembelajaran : · Diskusi dan ceramah · Tanya Jawab · Penemuan dari telaah pustaka · Pendekatan CTL dan life skill. | ||||||||||||||||
IV | Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran. 1. Kegiatan Pendahuluan : apresiasi dan motivasi : a. Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang berkaitan dengan keuntungan menggunakan perangkat dan produk teknologi informasi dan komunikasi. b. Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti: § Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Mengamati keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan diberbagai bidang. F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi F Peserta didik membentuk kelompok diskusi F Melakukan studi pustaka tentang berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
§ Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik, F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber, F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan, F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar: Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar; Ø membantu menyelesaikan masalah; Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi; Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh; Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan. F Menarik kesimpulan tentang keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan diberbagai bidang.
| ||||||||||||||||
V | Sumber / Alat pembelajaran : · Perangkat TIK · Buku paket + literatur tambahan · Multimedia | ||||||||||||||||
VI | Penilaian : Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP/MTs Islamiyah Ketapang |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VII (tujuh)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang |
Kompetensi Dasar | : | 1.5 Mengidentifikasiberbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi . |
Alokasi Waktu | : | 1 x pertemuan ( 1 x 40 menit ) |
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
- Mengidetifikasi dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan.
- Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan tekonologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan.
- Menjelaskan dampak negatif penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
- Menjelaskan dampak negatif dari produk yang dihasilakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi .
- Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak negatif
· Bidang telekomunikasi
· Bidang teknologi informasi
· Bidang Elektronika
Produk yang dihasilkan dari teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak negatif.
· Bidang telekomunikasi
· Bidang teknologi dan informasi.
· Bidang Elektronika.
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan kepada peserta didik tentang dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan produk teknologi dan informasi dan komunikasi yang dapat berdampak negatif.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Peserta didik membentuk kelompok .
F Memberikan contoh dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan.
F Melakukan studi pustaka untuk mengetahui dampak negatif teknologi informasi dan komunikasi.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi
E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan
Ø Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan | Tes tertulis
Tes tertulis | Uraian
Uraian | Sebutkanlah dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!
Sebutkanlah dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan!
|
Mengetahui, Kepala MTs Islamiyah Ketapang
( ANHARI, S. Pd. I) NIP/NIK : ......................... |
| Ketapang, Juli 2011 Guru Mapel TIK.
(ROHANI, SHI.) NIP/NIK : ............................. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP/MTs Islamiyah Ketapang |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VII (tujuh)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer |
Kompetensi Dasar | : | 2.1 Mengaktifkan komputer sesuai prosedur |
Alokasi Waktu | : | 1 x pertemuan (1 x 40) |
- Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangat peralatan komputer di lab. Komputer, peserta didik dapat :
· menunjukan tombol - tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
· menjelaskan fungsi tombol-tombol yang digunakan untuk menghidupkan komputer
· menjelaskan 3 langkah menghidupkan komputer ( proses cold boot ) atau memulai Windows secara tepat dan benar
· mendemonstrasikan 3 langkah menghidupkan komputer ( proses cold boot ) atau memulai Windows secara tepat dan benar
· Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Mengaktifkan komputer
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL Model Direct Learning, Cooperative Learning
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan komputer
· Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan komputer
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati dan menunjukan nama dan fungsi tombol-tombol untuk mngaktifkan komputer
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Mendemontrasikan proses cold boot dengan langkah secara tepat dan benar
F Mendemontrasikan proses warm boot jika komputer hang dengan langkah secara tepat dan benar
F Mengerjakan lembar kerja.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
E. Sumber Belajar
Komputer, buku reverensi, lembar kerja.
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
Ø Melakukan proses ”cold boot”
Ø Melakukan proses ”warm boot” | Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja) | Tes Identifikasi
Tes uji kerja
Tes uji kerja
| Tunjukkanlah tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer!
Aktifkanlah komputer melalui proses ”coldboot”!
Aktifkanlah komputer melalui proses ”warmboot”! |
Lembar Observasi
No | Instrumen | Skala kwantatif | Nilai = | ||||
5 | 4 | 3 | 2 | 1 | Jsp/jsm x 100 | ||
1 | Tombol power listrik |
|
|
|
|
|
|
2 | Tombol stavol / stabilizer |
|
|
|
|
|
|
3 | Tombol monitor |
|
|
|
|
|
|
4 | Tombol Power CPU |
|
|
|
|
|
|
| Jumlah |
|
|
|
|
|
|
| Total jumlah |
|
|
No | Instrumen | Skala kwantitif | Nilai = | ||||
5 | 4 | 3 | 2 | 1 | Jsp/jsm x 100 | ||
A | Menghidupkan komputer ( Cold boot) |
|
|
|
|
|
|
1 | Mengecek aliran listrik/Menghidupkan monitor |
|
|
|
|
|
|
2 | Mengecek disk drive A dalam keadaan kosong atau berisi |
|
|
|
|
|
|
3 | Menekan tombol power dan menunggu layar utama Window muncul |
|
|
|
|
|
|
B | Proses warm boot |
|
|
|
|
|
|
4 | Menggunakan key board |
|
|
|
|
|
|
5 | Mengunakan tombol yang ada pada CPU |
|
|
|
|
|
|
| Jumlah |
|
|
|
|
|
|
| Total jumlah |
|
|
Catatan:
SP = Skor Perolehan Smax = Skor Maksimal=25
Mengetahui, Kepala MTs Islamiyah Ketapang
( ANHARI, S. Pd. I) NIP/NIK : ......................... |
| Ketapang, Juli 2011 Guru Mapel TIK.
(ROHANI, SHI.) NIP/NIK : ............................. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP/MTs Islamiyah Ketapang |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VII (tujuh)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 2. Mengenal dasar operasi komputer |
Kompetensi Dasar | : | 2.2 Mematikan komputer sesuai prosedur |
Alokasi Waktu | : | 1 x pertemua ( 1 x 40 ) |
A. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangkat komputer dalam keadaan hidup,peserta didik mampu :
· menjelaskan 4 langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan mouse
· menjelaskan 4 langkah mematikan komputer dengan menggunakan key board
· mendemonstrasikan 4 langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan mouse secaara tepat dan benar ( lembar uji prosedur )
· mendemonstrasikan 4 langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan keyboard secaara tepat dan benar ( lembar uji prosedur )
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Mematikan komputer
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan komputer
· Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan tombol-tombol untuk mengaktifkan komputer
· Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan komputer
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menunjukkan tombol dan fungsinya untuk proses mematikan komputer
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Peserta didik membentuk kelompok untuk praktek.
F Mendemonstrasikan mematikan komputer menggunakan mouse
F Mendemonstrasikan mematikan komputer menggunakan keyboard
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang cara mematikan komputer dengan prosedur yang benar.
E. Sumber Belajar
Komputer, buku reverensi, lembar kerja.
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur
Ø Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur | Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
| Tes uji kerja
Tes uji kerja
| Matikanlah komputer menggunakan fungsi perintah!
Matikanlah komputer dengan menggunakan fungsi tombol pada hardware! |
Uji prosedur
No | Instrumen | Skala kwantatif | Nilai = | ||||
| 4 | 3 | 2 | 1 | Jsp/jsm x 100 | ||
1 | Mematikan komputer menggunakan mouse |
|
|
|
|
|
|
2 | Mematikan komputer menggunakan keyboard |
|
|
|
|
|
|
| Jumlah |
|
|
|
|
|
|
| Total jumlah |
|
|
Mengetahui, Kepala MTs Islamiyah Ketapang
( ANHARI, S. Pd. I) NIP/NIK : ......................... |
| Ketapang, Juli 2011 Guru Mapel TIK.
(ROHANI, SHI.) NIP/NIK : ............................. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP/MTs Islamiyah Ketapang |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VII (tujuh)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer |
Kompetensi Dasar | : | 2.3. Melakukan operasi dasar pada operating sistem dengan sistematis. |
Alokasi Waktu | : | 4 x pertemuan (4 x 40 menit) |
A. Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat menggunakan shortcut pada desktop icon untuk mengaktifkan Windows Explorer dengan tepat.
- Peserta didik dapat membuka tampilan Windows Explorer melalui tombol Start dengan tepat.
- Peserta didik dapat membuat folder melalui menu bar pada layar Windows Explorer dengan tepat.
- Peserta didik dapat membuat folder baru melalui menu bar dengan tepat.
- Peserta didik dapat menyatukan file-file ke dalam satu folder dengan cara draging dengan tepat.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Sistem operasi
Pengelolaan file dan folder
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
· Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
· Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan Windows Explorer dalam managemen file dan folder.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Mendemonstrasikan cara mengaktifkan dan menggunakan windows explorer melalui desktop icon dengan bantuan mouse.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran mengaktifkan windows explorer melalui desktop icon.
F Pemberian tugas.
Pertemuan kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
· Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
· Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
· Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan cara mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Mendemonstrasikan cara mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.
Pertemuan ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
· Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
· Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
· Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendemonstrasikan cara membuat folder baru melalui menubar.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Mendemonstrasikan langkah cara membuat folder baru melalui perintah shortcut.
F Menyalin, menghapus, file dari document yang ada ke folder yang baru dibuat
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran tentang pembuatan folder baru.
F Pemberian tugas.
Pertemuan keempat
1. Kegiatan Pendahuluan
· Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
· Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
· Memberika motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Mendemonstrasikan cara menyatukan file-file dengan cara draging.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran tentang cara menyatukan file-file dengan cara draging.
E. Sumber Belajar
Perangkat Komputer
Buku Referensi
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)
Ø Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder (Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file) | Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
| Tes uji kerja
Tes uji kerja
| Aktifkan Shortcut pada desktop! Aktifkan menu pada menu taskbar!
Buatlah folder pada My document! |
No | Instrumen | Penilaian | |
Skor max | Skor perolehan | ||
1. | Mengaktifkan windows explorer melalui desktop icon | 2 |
|
2. | Mengaktifkan windows explorer melalui tombol start | 2 |
|
3. | Membuat folder baru melalui menubar | 4 |
|
4. | Menyatukan file-file ke dalam satu folder | 2 |
|
Jumlah | 10 |
| |
Nilai = x 100 |
|
Mengetahui, Kepala MTs Islamiyah Ketapang
( ANHARI, S. Pd. I) NIP/NIK : ......................... |
| Ketapang, Juli 2011 Guru Mapel TIK.
(ROHANI, SHI.) NIP/NIK : ............................. |